Jelaskan Karakteristik Wilayah Indonesia Dan Potensinya Baik Daratan Maupun Lautan

Wilayah daratan di indonesia memiliki tanah yang subur sehingga menyebabkan curah hujan yang teratur dan banyaknya gunung berapi sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia. Kenampakan alam di wilayah daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat.

Jelaskanlah Karakteristik Wilayah Indonesia Dan Potensinya

50 Tours Jogja Tourjogjaindonesia Simplesite Com

Karakteristik Benua Eropa Budaya Iklim Gambar Lengkap

Indonesia Negara Indah Sekaligus Negara Rawan Bencana Alam

Kebijakan Kelautan Indonesia

Karakteristik wilayah indonesia terbagi atas dua aspek yakni wilayah perairan dan wilayah daratan.

Jelaskan karakteristik wilayah indonesia dan potensinya baik daratan maupun lautan. Secara geografis daratan indonesia terpisah jauh dengan daratan india tapi keduanya memiliki batas wilayah pulau dimana ada titik tertentu di sekitar samudera hindia dan laut andaman. Pulau tersebut ialah pulau ronde di aceh dan pulau nicobar di india. Relief daratan ini dapat berupa tonjolan cekungan lipatan maupun patahan. Indonesia dari sabang sampai merauke terhitung ada 150 gunuang api yang masih aktif. Potensi yang dapat dikembangkan di wilayah daratan indonesia seperti pertanian perkebunan pertambangan perhutanan peternakan pariwisata dan sebagainya.

Sedangkan karakteristik wilayah laut indonesia diklasifikasikan menurut cara terjadinya dan. Sumber daya yang diperoleh dari daratan juga bermacam macam tergantung akan potensinya. Pengertian relief daratan lautan gambar bentuk dan contohnya. Rawa rawa di indonesia terdapat di sekitar muara muara sungai yang besar dan rapat seperti di pulau sumatra bagian timur kalimantan sebelah barat selatan dan bagian timur serta papua sebelah barat dan selatan. Lokasi strategis dari kepulauan uang angat luas ini uaitu diantara lautan pasifik di timur lautan hindia di barat daratan asia di utara dan daratan australia di selatan mempengaruhu sirkulasi global baik atmosfir maupun laut.

Baca juga artikel yang. Menurut lubis 2006 kepulauan indonesia merupakan gabungan dari 5 pulau utama dan sekitar 30 kelompok kepulauan lokasi strategis dari kepulauan yang sangat luas ini yaitu diantara lautan pasifik di timur lautan hindia di barat daratan asia di utara dan daratan australia di selatan mempengaruhu sirkulasi global baik atmosfir maupun laut. Indonesia di lihat dari bentukan daratannya ada daratan tinggi dan ada daratan rendah yang mana kedua jenis daratan ini juga termasuk karakteristik wilayah daratan indonesia. Nah wilayah indonesia nggak cuma pulau pulau atau daratan saja squad. Adalah bentuk tingi rendahnya permukaan bumi yang ada didaratan.

Selain pegunungan yang masih aktif indonesia memiliki lipatan pegunungan non vulkanik misalkan pegunungan jaya wijaya. Walau begitu dalam hal jumlah pulau indonesia berada di urutan kelima kalah banyak dari swedia finlandia norwegia dan kanada. Sebagian rawa rawa tersebut terpengaruh oleh pasang naik dan pasang surut air sungai terdekat sehingga air tidak begitu asam.

Viral Kabar Potensi Gempa Dan Tsunami Di Selatan Jawa Capai

Relief Permukaan Bumi Daratan Dan Lautan Ilmugeografi Com

Geografi Kelas 10 Potensi Dan Pemanfaatan Perairan Darat

Kondisi Geografis Indonesia Beserta Keadaan Penduduk

Geografi Thailand Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia


0 Response to "Jelaskan Karakteristik Wilayah Indonesia Dan Potensinya Baik Daratan Maupun Lautan"

Posting Komentar