Karakteristik Wilayah Perairan Indonesia Dan Potensi

Option nomer 1 2 a. Kenampakan alam di wilayah daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat.

8 2 Karakteristik Wilayah Indonesia Geografi

Geografi Kelas 11 Mengenal Karakteristik Wilayah Indonesia

Jelaskanlah Karakteristik Wilayah Indonesia Dan Potensinya

Bab 1 Posisi Strategis Indonesia Sebagai Proses Maritim Dunia

Kondisi Geografis Dan Penduduk Indonesia Abel Petrus

1 garis tepi peta harus dibuat agat memudahkan pengukuran skala peta 2 garis tepi digunakan untuk membatasi skala peta.

Karakteristik wilayah perairan indonesia dan potensi. Perairan indonesia memiliki potensi yang besar bagi pembangunan. Luas wilayah perairan indonesia sebesar 58 juta km2 yang terdiri dari 31 juta km2 perairan nusantara dan 27 km2 perairan zona ekonomi eksklusif indonesia zeei atau 70 persen dari luas total indonesia. Walau begitu dalam hal jumlah pulau indonesia berada di urutan kelima kalah banyak dari swedia finlandia norwegia dan kanada. Wilayah perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang digenangi air. Wilayah wilayah di indonesia tidak sama potensi dan kekayaannya.

Posisi kerangka geologi yang demikian memberi keuntungan karena lempeng tersebut merupakan tempat yang potensial adanya sumber daya energi dan mineral. Wilayah indonesia memiliki perairan yang sangat luas melebihi luas daratan meliputi 23 dari luas negara indonesia yaitu 3257483 km persegi. Hal ini merupakan modal indonesia menjadi poros maritim dunia. Wilayah perairan indonesia terletak dijalur pertemuan pergerakan 3 tiga lempeng utama dunia yang paling aktif yaitu lempeng indo australia lempeng samudera pasifik dan lempeng benua eurasia. Perikanan laut indonesia memiliki luas lebih kurang 58 juta km2 dengan garis pantai sepanjang 81000 km dengan potensi sumberdaya ikan diperkirakan sebesar 64 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah indonesia dan perairan zeei zona ekonomi eksklusif indonesia yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama indonesia.

Nah wilayah indonesia nggak cuma pulau pulau atau daratan saja squad. Potensi alam wilayah perairan 1 lautluas laut di indonesia adalah dua pertiga dari luas seluruh wilayah indonesia. Wilayah daratan di indonesia memiliki tanah yang subur sehingga menyebabkan curah hujan yang teratur dan banyaknya gunung berapi sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia. Karakteristik wilayah daratan dan perairan di indonesia 6623239 rupakan proyeksi bidang lengkung 2. Karakteristik wilayah indonesia terbagi atas dua aspek yakni wilayah perairan dan wilayah daratan.

Selain tanah yang subur wilayah indonesia terkenal dengan banyaknya sumber daya alam seperti aneka tambang dan hasil kekayaan alam lainnya. Dari sudut geopolitik dunia internasional akan melihat indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan. Pembentukan negara kesatuan bertujuan untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara agar menjadi negara yang besar dan kokoh dengan kekuasaan negara yang bersifat sentralistik. Dengan karakteristik indonesia seperti di atas kita seharusnya bangga dengan indonesia dan mencintai wilayah indonesia. 1amp2 bener tp ga berhub.

Laut samudera merupakan perairan yang luasnya melebihi luas laut dan memiliki kedalaman lebih dari 1000 meterwilayah indonesia diapit oleh dua samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindiamanfaat samudera menyebabkan iklim yang menguntungkan yaitu tidak terlalu panas pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari. Pernyataan 1amp2 bener dan berhubungan b. Wilayah indonesia ini adalah rahmat tuhan yang maha esa kepada bangsa indonesia.

Rpp Xi

Pertemuan Konsinyering Pembahasan Muatan Teknis Rapermen

4 Pasal 25a Negara Kesatuan Republik Indonesia Adalah Sebuah

Perairan Laut Dan Potensinya

Geografi Kelas 11 Mengenal Karakteristik Wilayah Indonesia


0 Response to "Karakteristik Wilayah Perairan Indonesia Dan Potensi"

Posting Komentar