Gambar Batas Wilayah Laut Indonesia

Ini berarti luas wilayah laut indonesia lebih dari dua setengah kali luas daratannya. Indonesia memiliki wilayah daratan yang berbatasan dengan malaysia serawak dan sabah papua nugini dan timor leste.

Peta Terbaru Indonesia Fajar Bastoriandi

Pesan Untuk Cina Dengan Pemberian Nama Laut Natuna Utara

Perubahan Wilayah Laut Teritorial Indonesia

Perkembangan Terakhir Batas Maritim Indonesia Dengan Negara

Batas Batas Wilayah Indonesia Secara Lengkap

Batas wilayah laut indonesia luas wilayah laut indonesia sekitar 5176800 km2.

Gambar batas wilayah laut indonesia. Ada berbagai batas batas wilayah di indonesia dengan negara tetangga. Batas laut teritorial merupakan garis khayal yang memiliki jarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas. Secara umum wilayah perbatasan dibagi menjadi batas wilayah indonesia secara astronomis dan geografis. Pengaturan batas batas wilayah negara dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum mengenai ruang lingkup wilayah negara kewenangan pengelolaan wilayah negara dan hakhak berdaulat. Sejauh 12 mil laut di luar batas laut teritorial atau 24 mil dari pantai adalah batas zona bersebelahan.

Batas laut teritorial merupakan batas perairan suatu negara yang ditarik dari pantai terluar atau pulau terluar sejauh 12 mil 193 km ke arah laut lepas. Zona laut teritorial batas laut teritorial ialah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas. Di dalam wilayah ini negara pantai dapat mengambil tindakan dan menghukum pihak pihak yang melanggar undang undang bea cukai fiskal imigrasi dan ketertiban negara. Batas batas dapat dibuat dengan sengaja atau dapat pula ditandai dengan benda benda alam seperti gunung hutan dan sungai. Berdasar gambar di atas maka wilayah laut indonesia bisa dibedakan menjadi sebanyak 3 macam.

Kali ini akan dibahas mengenai batas batas negara indonesia meliputi batas wilayah indonesia bagian utara batas wilayah indonesia bagian barat batas. Batas wilayah indonesia secara geografis. Pada zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga wilayah ini paling banyak terdapat berbagai jenis kehidupan baik hewan maupun tumbuhan tumbuhan contoh jaut jawa laut natuna selat malaka dan laut laut disekitar kepulauan riau. Batas wilayah indonesia pun mencakup batas daratan indonesia dan batas laut indonesia. Sesuai dengan hukum laut internasional yang telah disepakati oleh pbb tahun 1982.

Berikut ini adalah gambar pembagian wilayah laut menurut konvensi hukum laut pbb. Zona neritic wilayah laut dangkal yaitu dari batas wilayah pasang surut hingga kedalaman 150 m. Untuk menentukan batas wilayah daratan biasanya dilakukan dengan negara negara yang berbatasan darat. Pada batas laut teritorial ini negara memiliki kedaulatan penuh seperti halnya di wilayah daratan. Negara berkepentingan untuk ikut mengatur pengelolaan dan pemanfaatan di laut bebas dan dasar laut internasional sesuai dengan hukum internasional.

Jika ada dua negara atau lebih menguasai suatu lautan sedangkan lebar lautan itu kurang dari 24 mil laut maka garis teritorial di tarik sama jauh dari garis masing masing negara tersebut. Pembagian batas wilayah laut indonesia via validnewsco. Batas wilayah negara indonesia bagian utara. Batas ini mencakup batas darat dan laut berikut ini semua batas batas wilayah negara indonesia dari berbagai arah mata angin.

Batas Wilayah Asia Tenggara Asean Utara Selatan Timur Barat

Upaya Penyelesaian Batas Wilayah Laut Indonesia Harus Didukung

Batas Wilayah Laut Indonesia

Pembagian Wilayah Laut Indonesia Menurut Konvensi Pbb

Sejarah Perkembangan Wilayah Perairan Indonesia Oceanpulse


0 Response to "Gambar Batas Wilayah Laut Indonesia"

Posting Komentar