Bahasa Daerah Indonesia Yang Hampir Punah

Hal ini disampaikan oleh staf ahli komisi iii dpd ri multania retno mayekti tawangsih lauder di bengkulu senin 1562015 terkait kunjungan penyusunan draf ruu bahasa daerah. Namun sayangnya kekayaan bahasa tersebut tidak dirawat dengan baik yang menyebabkan kurang lebih 25 bahasa di indonesia berstatus hampir punah sementara 13 bahasa daerah dinyatakan telah punah.

Populasi Penutur Bahasa Daerah Di Maluku Utara Menurun

Punahnya 7 Bahasa Daerah Maluku Okezone Lifestyle

Bahasa Pulau Buru Terancam Ini 7 Bahasa Daerah Maluku Yang

Informasi Dari Bacaan Bahasa Daerah Di Indonesia Terancam

Banyuwangi Merdeka Com Badan Bahasa Sebut Ada Belasan

Hingga saat ini ada 14 bahasa daerah di indonesia yang telah punah.

Bahasa daerah indonesia yang hampir punah. Bahasa yang punah tersebut berasal dari maluku yaitu bahasa daerah kajelikayeli piru moksela palumata ternateno hukumina hoti serua dan nila serta bahasa papua yaitu tandia dan mawes. Namun tidak semua bahasa daerah tersebut berstatus aman. Situs itu menyebut indonesia memiliki 707 bahasa daerah. Bahasa daerah yang hampir punah. Belum lama ini kemendikbud mengeluarkan sinyalemen yang memprihatinkan.

Dari tahun 2011 sampai 2017 dari 652 bahasa daerah yang telah didokumentasikan dan dipetakan baru 71 bahasa yang telah dipetakan vitalitasnya. Dari jumlah bahasa di seluruh dunia sebanyak 6912 tahun 2009 indonesia menduduki peringkat kedua terbanyak 741 bahasa setelah papua nugini 820. Berdasarkan data badan bahasa kementerian pendidikan dan kebudayaan ada 11 bahasa daerah yang menyandang. Ya punah seperti dinosaurus dan kawan kawannya semua hanya tinggal kenangan di buku cerita atau film fiksi. Sementara itu satu bahasa lagi hanya digunakan oleh satu orang dan dinyatakan nyaris musnah.

Badan bahasa mengidentifikasi 617 bahasa daerah di indonesia dan menyatakan 139 di antaranya terancam punah. Menurut data yang disajikan oleh summer linguistic indonesia memiliki kurang lebih 746 bahasa daerah. Chamicuro chamekolo chamicolo chamicura seluruh dunia hanya ada 8 orang yang berbicara chamicuro menurut sebuah studi 2008. Pesut mahakam atau dalam bahasa latin disebut orcaella brevirostris adalah sejenis hewan mamalia yang sering disebut lumba lumba air tawar yang hampir punah karena berdasarkan data tahun 2007 populasi hewan tinggal 50 ekor saja dan menempati urutan tertinggi satwa indonesia yang terancam punah. Bahasa daerah di indonesia sudah nyaris punah.

Dari 10 bahasa paling langka dan terancam punah dari seluruh dunia tahukah anda bahwa bahasa yang hampir punah ini juga ada di indonesia. Jumlah itu memang dikatakan bisa naik turun karena ada bahasa bahasa yang punah tetapi juga ada bahasa yang belum teridentifikasi. 16 juni 2013 15. Dari data tersebut 19 bahasa daerah terancam punah 2 bahasa daerah kritis dan 11 bahasa daerah sudah punah ucap mantan wakil rektor universitas pendidikan indonesia tersebut. Jumlah 741 itu sebagian besar adalah bahasa daerah di indonesia.

14 Bahasa Daerah Di Indonesia Punah Bagaimana Aceh

11 Bahasa Daerah Di Indonesia Punah

Indonesia Getho Loh 10 4 Bahasa Daerah Indonesia

Burung Merak Hijau Si Cantik Yang Hampir Punah Inibaru Id

11 Bahasa Daerah Punah Paling Banyak Di Maluku Utara


0 Response to "Bahasa Daerah Indonesia Yang Hampir Punah"

Posting Komentar